The PENGARUH MEDIA BOOKLET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2019/2020 (INFLUENCE OF BOOKLET AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA TOWARD STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION IN SMP NEGERI 3 KUPANG ACADEMIC YEAR 2019/2020)
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbentuk booklet terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode post-test only control group desain, dengan jumlah populasi sebanyak 144 dan jumlah sampel dua kelas yang terdiri dari 30 siswa kelas VIIIF (kelas eksperimen) dan 30 siswa kelas VIIIG kelas (kontrol). Pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat yang signifikan dari penggunaan media booklet terhadap motivasi belajar siswa dengan perolehan nilai t sebesar 12, 783 dengan sig. 0,000 atau lebih kecil dari 0,5. Hal ini dikarenakan media booklet memiliki beberapa kelebihan, yakni ukurannya lebih kecil sehingga siswa dapat membawanya kemana-mana. Selain itu, media booklet tersusun dari gambar-gambar yang menarik dan konsep materinya disajikan berdasarkan dengan permasalahan pembelajaran yang terdapat dilingkungan sekitar siswa sehingga medorong keingintahuan siswa dan menarik perhatian siswa untuk aktif dan bersemangat dalam belajar serta membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran secara verbal dan visual berdasarkan hal-hal kongkrit yang sering siswa temui. Berdasarkan hal ini, maka dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media booklet terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Kota Kupang.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Media booklet, Motivasi Belajar
Abstract
The authors investigate the influence of booklet as an instructional media toward students’ learning motivation in SMP Negeri 3 Kupang academic year 2019/2020. The experiment research applied in this paper specifically focuses on using posttest design only for the control group. The population of the research consists of 144 students. Two groups of classes were taken as sample in this paper; they are 30 grade VIII F students (experiment group) and 30 grade VIII G students (control group). The random sampling technique used to identify the sample. The questionnaire was used to collect the data, and it analyzed using t-test. There was a significant improvement on students’ learning motivation through booklet where the T score was 12,783 with sig. 0,000 smaller than 0, 5. The booklet has same streng thens as it handy, colorful, and up to date. Moreover, as the materials were design perfectly, students enjoyed and actively involved in every class meeting. Therefore, it can be concluded that there was a significant improvement on students’ learning motivation using booklet as an instructional media.
Key words: instructional media, booklet, learning motivation.
Downloads
References
Farkhana, Bambang Priyono, dan Ning Setiati,” Penggunaan Model Think Talk Write (TTW) dengan Media Booklet pada Hasil Belajar Siswa Materi Invertebrata di SMA Negeri 2 Ungaran”, Journal of Biology Education.
Fathurrohman. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Hapsari, C. M. 2013. Efektivitas Komunikasi Media Booklet Anak Alami Sebagai Media Penyampaian Pesan Gentle Birthing Service. Jurnal e-Komunikasi.
Imtihana., Martin, P., Priyono, B. 2014. Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMA. Jurnal of Biologi Education
Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:CV Alfabeta.
Rosyidi. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-MALANG PRESS.
Roymond S. Simamora. 2009. Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.