Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel penelitian yang dikirim belum pernah dipublikasikan sebelumnya pada jurnal lain.
  • artikel yang dikirimkan ada dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Teks artikel wajib mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulisan. artikel akan dikirimkan balik ke penulis jika artikel tidak memenuhi persyaratan penulisan.
  • artikel yang telah sesuai dengan kaidah penulisan yang disyaratkan jurnal indigenous biologi dapat mengirimkan artikel, dengan terlebih daahulu membuat akun pada menu register. setelah akun dibuat, penulis harus log in dan kemudian mengikuti langkah-langkah untuk mengirimkan artikel penelitian.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI

 ( INDIGENOUS BIOLOGI )

 

Sinopsis Jurnal

Jurnal Program studi Pendidikan Biologi Indigenous adalah publikasi di bidang ilmu pendidikan biologi dan sains. Artikel yang dimuat berupa: hasil penelitian dan terkait bidang pendidikan dan sains yang belum pernah dipublikasikan di media lain (kecuali dalam bentuk abstrak atau tesis/skripsi akademik atau dipesentasikan dalam ujian skripsi). Jurnal Indigenous Biologi (jurnal pendidikan dan sains biologi ) merupakan jurnal pendidikan biologi-FKIP UKAW Kupang NTT yang mempublikasikan karya ilmiah mahasiswa dan dosen. karya ilmiah yang dipublikasikan di dalam jurnal ini bersifat lokal atau permasalahan yang di teliti adalah permasalahan yang terjadi di daerah NTT baik di bidang Pendidikan maupun bidang biologi secara murni. Jurnal ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui kekhasan daeran NTT baik dari segi pendidikan maupun biologi Murni.

 

Jenis Artikel

Hasil Penelitian

Artikel asli hasil penelitian tidak lebih dari 5000 kata (termasuk tabel dan gambar) dan berjumlah 10 – 11 Halaman. Margin kiri 2,5 cm, kanan, atas dan bawah 2 cm. Penulisan format hasil penelitian sebagai berikut: judul, nama tanpa gelar , alamat email dan instansi penulis, abstrak dalam bahasa Indonesia dan inggris, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (bilaperlu) dan daftar pustaka.

 

PEDOMAN ISI TULISAN

Judul

  1. Judul artikel harus singkat, informatif maksimum 20 kata
  2. Ukuran huruf 12, 1 Spasi
  3. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan huruf kapital kecuali nama spesies.Setiap kata yang terdapat dalam naskah selain Bahasa Indonesia ditulis dengan huruf miring
  4. Nama instansi dan alamat email harus ditulis secara lengkap dengan ukuran huruf 10

 

 

 

 

 

 

 

Abstrak

  1. Abstrak ditulis dalam satu paragraf dalam BahasaInggris (huruf miring) dan Bahasa Indonesia,masing-masing maksimum tidak lebih dari 250 kata
  2. Abstrak berisi latar belakang, metode, hasil penelitian termasuk data kuantitatif dan kesimpulan
  3. Untuk abstrak spasinya adalah 1 spasi
  4. Ukuran huruf 10
  5. Abstrak dibuat 1 kolom

Kata Kunci

Pencantuman kata kunci maksimum 5 (Lima) kata dibatasi tanda koma yang memuat inti dari keseluruhan artikel

*untuk isi artikel pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka ukuran huruf 12 spasi 1,5 (kecuali tebel) dan dibuat dalam 2 kolom*

Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang dan dukungan kepustakaan yang diakhiri dengan tujuan penelitian

 Metode penelitian

  1. tempat dan waktu penelitian harus jelas
  2. Metode yang digunakan harus yang sesuai dan bila diambil dari sumber lain dilengkapi dengan refrensi
  3. Alat-alat yang digunakan disebutkan spesifikasinya kecuali seperti alat gelas dan disertakan dengan kegunaannya
  4. Prosedur penelitian harus dijelaskan secara berurutan dengan jelas

 

Hasil dan Pembahasan

  1. Judul Tabel dan Gambar harus diberi nomor berurutan sesuai artikel, pada tabel dan gambar diberi keterangan sumber tabel maupun sumber gambar yang dicantumkan
  2. Pembahasan hasil penelitian disertai hasil dukungan pustaka yang sesuai
  3. Angka desimal ditulis dengan koma untuk BahasaIndonesia; angka desimal disesuaikan dengan jenis analisisnya
  4. Data yang disajikan dalam bentuk rata-rata .Data harus disertai dengan analisis statistik yang sesuai, termasuk informasi lengkap mengenai tata cara pengambilan sampel, pengulangan, dan pemilihan metode statistik yang digunakan

 

 

 

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan berdasarkan hasil dan pembahasan yang mengacu pada tujuan penelitian. Memuat saran dan kelebihan dari penelitian yang dilakukan.

 

Ucapan Terimakasih (bila perlu)

Dituliskan nama instansi atau perorangan yang berperan dalam pendanaan pelaksanaan penelitian serta penulisan artikel

 

Daftar Pustaka

  1. Urutan pustaka disusun berdasarkan abjad
  2. b. Huruf kapital pada Buku ditulis pada setiap awal kata kecuali nama Majalah atau Jurnal/Buletin ditulis dengan singkatan baku sesuai dengan web ofscience
  3. Tahun, Volume dan Halaman dituliskan dengan lengkap
  4. Pustaka yang digunakan minimum 80% berasal dari jurnal 10 tahun terbitan terbaru
  5. Jika ada Nomor DOI (Digital Object Identifier) harusdicantumkan

 

Contoh:

 

Contoh penulisan pustaka jurnal:

Yuliana ND, Iqbal M, Jahangir M, Wijaya CH,Korthout H, Kottenhage M, Kim HK, Verpoorte R.2011. Screening of selected Asian spices for antiobesity-related bioactivities. Food Chem 126:1724-1729.DOI: 0.1016/j.foodchem.2010.12.066.

 

Contoh penulisan pustaka buku:

Lioe HN, Apriyantono A, Yasuda M. 2012. SoySauce: Typical Aspects of Japanese Shoyu andIndonesian Kecap. 93-102. CRC Press, BocaRaton, Florida. 96

 

Contoh penulisan pustaka tesis atau skripsi:

Merdiyanti A. 2008. Paket Teknologi Pembuatan MieKering Dengan Memanfaatkan Bahan BakuTepung Jagung [Skripsi]. Bogor. FakultasTeknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

 

Contoh penulisan pustaka dari internet:

Van der Sman RGM. 2012. Soft matter approaches to food structuring. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0001868612000620[04 Juni 2012].

 

Penulisan Gambar

Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar.1, dst.). Judul gambar diletakkan dibawah gambar dengan posisi ditengah (center justified), jarak antar gambar dengan judul gambar 1 spasi, suber data ditulis dibawah gamabar dengan jarak 1 spasi, ukuran huruf 10 , seperti contoh berikut.

 

 

                       

                 Sumber :...................

           Gambar 1. Mikroskopiisolat VTM1, VTM5, VTM6, VTM9dan VT 12

 

 Contoh artikel dalam jurnal :

 

Pawignya H. 2010. Minuman Beralkohol. Jakarta:  Gramedia Pustaka Utama.

Piskur, J. E. Rozpedowska, S. Polakova, A. Merico, and C. Compagno. 2006. How did Saccharomyces Evolve to Become A Good Brewer?. Trends in Genetics 22:183-186.

Prabawati, S., Suyanti dan Setyabudi, D.A. 2008. Teknologi Pascapanen dan Teknik Pengolahan Buah Pisang. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BPPP), Yogyakarta.

Sharrock dan Lusty. 1999. Use of Musa. In INIBAP Annual Report Montpellier, Prancis.

Sudarmadji, S., Haryono, B., Suhardi. 2010. Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Yogyakarta: Liberty.

Suprihatin, 2010. Teknologi fermentasi. Surabaya: UNESA University Press.

Setyohadi. 2006. Proses mikrobiologi pangan (proses kerusakan dan pengolahan). Medan: USU-Press.

Utami, H. P.. 2008. Pemanfaatan Pati Talas (Colocasia esculenta L. SCHOTT) Dalam Pembuatan Etanol Dengan Saccharomyces cerevisiae (Kajian Konsentrasi Gula Medium dan Lama Fermentasi). Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.