pengaruh model pembelajaran snowball thorowing berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar afektif siswa di SMP Negeri 11 kota kupang tahun ajaran 2019/2020

  • Rise Mburu Tehu UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA
  • Theodora S.N Manu Universitas kristen artha Wacana
  • Agus Maramba Meha Universitas kristen artha Wacana
Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Alat Peraga, hasil belajar, afektif

Abstract

Permasalahan dalam pada penelitian ini adalah kurangnya hasil belaja afektif siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang.Tujuan penelitian mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar afektif siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 187 siswa dan sampel kelas VIIIA dan kelas VIIIC berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clustersampling (area sampling).Pengumpulan data yang digunakan lembar observasi.Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar afekfif siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu penerimaan (receiving) 87,71%, penanggapan (responding) 82,42%, dan penilaian 74% dibandingkan dengan hasil belajar afektif siswa pada kelas Kontrol. Adanya pengaruh hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, Karena kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan alat peraga sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Pada penggunaan model pembelajaran snowball throwing siswa berkerja sama dalam berdiskusi kelompok karena masing-masing siswa di tuntut untuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan dalam permainan bola salju atau bola kertas.

                                                                                              ABSTRACT

The problem in this study is the lack of affective learning outcomes for VIII grade students of SMP Negeri 11 Kota Kupang. The research objective was to determine the effect of the snowball throwing learning model assisted by teaching aids on student affective learning outcomes. The method used is an experimental method with the design Posstest-Only Control Design. The total population of class VIII students was 187 students and the sample of class VIIIA and class VIIIC was 56 students. The sampling technique used was cluster sampling (area sampling). Data collection used observation sheet. The data analysis technique used the t test, with the help of SPSS 16. The results showed that the affective learning outcomes of the experimental class students were higher, namely receiving 87.71%, responding 82.42%, and assessing 74% compared to the results. student affective learning in the control class. There is an influence of the students' affective learning outcomes in the experimental class and the control class, because the experimental class uses the snowball throwing learning model assisted by teaching aids while the control class uses the lecture method. In the use of the snowball throwing learning model, students work together in group discussions because each student is required to make questions and answer questions in snowball or paper ball games.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiatmika, M.W., Agustini, K., dan Sidu, I.G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 5 Tejakula. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 6 (1) : 214-223. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9567

Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran,Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta : Teras

Saleh, I.H., Nurhayati, B., & Jumadi, O. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Sainsmat 4(1) : 7-13. DOI : 10.35580/sainsmat4112802015

Sidharta, A., & Yamin, W. 2013. Pengembangan alat peraga sederhana praktik (APP) IPA sederhana untuk guru SMP. Bandung: P4TK IPA

Sudjana, N. 2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2011.Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zubaedi. 2011.Desain pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

CROSSMARK
Published
2021-05-12
DIMENSIONS
How to Cite
Tehu, R., Manu, T., & Meha, A. (2021). pengaruh model pembelajaran snowball thorowing berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar afektif siswa di SMP Negeri 11 kota kupang tahun ajaran 2019/2020. INDIGENOUS BIOLOGI : JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS BIOLOGI, 3(3), 111-118. https://doi.org/10.33323/indigenous.v3i3.122