PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DI SMP N 20 KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Sarlina Nday Ngana UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
  • Theodora S.N Manu Universitas Kristen Artha Wacana
  • Paulus Tnunay Universitas Kristen Artha Wacana
Keywords: Brainstorming, keterampilan proses sains, penelitian tindakan kelas

Abstract

ABSTRAK

Masalah utama dalam penelitian ini adalah siswa kurang mampu untuk Peningkatan keterampilan 

proses sains dalam pembelajaran IPA di dalam kelas dan metode yang digunakan kurang menarik perhatian 

siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan

metode pembelajaran Brainstorming di SMP N 20 Kota Kupang. Metode penelitian ini merupakan penelitian 

tindakan kelas (PTK) menggunakan model kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/ 

siswi kelas VIIIB. Teknik dalam pengambilan data yaitu dengan menggunakan rubrik keterampian proses sains

dan lembar observasi aktifitas guru. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan persentase 

secara individu dan klasikal. Untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan PTK menggunakan indikator 

keberhasilan yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukan keterampilan proses sains siswa dan aktivitas guru 

mengalami peningkatan pada siklus I, dimana pada pertemuan I keterampilan proses sains siswa persentasenya 

65% dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 84%. Sedangkan observasi aktifitas guru pada 

pertemuan I persentasenya 61% dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 88%. Peningkatan 

keterampilan proses sains siswa pada pertemuan II disebabkan oleh proses perbaikan yang dilakukan oleh guru 

setelah melakukan proses pembelajaran pertemuan I. Adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa dan 

aktifitas guru dikarenakan dalam proses pembelajaran menerapkan metode brainstorming, sehingga dapat 

disimpulkan dengan penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci : Keterampilan proses sains, BrainstormingABSTRAK
Masalah utama dalam penelitian ini adalah siswa kurang mampu untuk Peningkatan keterampilan
proses sains dalam pembelajaran IPA di dalam kelas dan metode yang digunakan kurang menarik perhatian
siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan
metode pembelajaran Brainstorming di SMP N 20 Kota Kupang. Metode penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) menggunakan model kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/
siswi kelas VIIIB. Teknik dalam pengambilan data yaitu dengan menggunakan rubrik keterampian proses sains
dan lembar observasi aktifitas guru. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan persentase
secara individu dan klasikal. Untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan PTK menggunakan indikator
keberhasilan yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukan keterampilan proses sains siswa dan aktivitas guru
mengalami peningkatan pada siklus I, dimana pada pertemuan I keterampilan proses sains siswa persentasenya
65% dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 84%. Sedangkan observasi aktifitas guru pada
pertemuan I persentasenya 61% dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 88%. Peningkatan
keterampilan proses sains siswa pada pertemuan II disebabkan oleh proses perbaikan yang dilakukan oleh guru
setelah melakukan proses pembelajaran pertemuan I. Adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa dan
aktifitas guru dikarenakan dalam proses pembelajaran menerapkan metode brainstorming, sehingga dapat
disimpulkan dengan penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Kata Kunci : Keterampilan proses sains, Brainstorming

Downloads

Download data is not yet available.
CROSSMARK
Published
2022-02-08
DIMENSIONS
How to Cite
Ngana, S., Manu, T., & Tnunay, P. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DI SMP N 20 KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. INDIGENOUS BIOLOGI : JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS BIOLOGI, 4(2), 63-70. https://doi.org/10.33323/indigenous.v4i2.163