-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Ika Priantari
  • A'idah Muflichatul Maghfiroh Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kukuh Kukuh Munandar Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: E-modul, PBL, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas diri. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan fasilitas pembelajaran yang efektif dan efisien, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang sesuai agar siswa dapat memahami konsep materi pembelajaran dengan mudah. Namun, media pembelajaran yang digunakan saat ini masih berupa modul sederhana dan belum memanfaatkan modul elektronik sehingga dapat berdampak pada pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. E-modul Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi salah satu upaya dalam membantu siswa mempelajari konsep dengan lebih jelas dan mengembangkan keterampilan belajar mandiri mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan e-modul berbasis Problem-Based Learning (PBL) merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik berdasarkan rata-rata nilai N-gain yang diperoleh yakni 0,64 masuk dalam kategori sedang atau cukup efektif. Serta 86,08% peserta didik yang menunjukkan respon yang positif terkait penggunaan e-modul berbasis PBL dalam pembelejaran. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan Modul Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.23605

Aryawan, R., Gde Wawan Sudatha, I., Wayan Ilia Yuda Sukmana, A. I., & Teknologi Pendidikan, J. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191.

Aspridanel, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(2), 77–87. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480

Dewi, A. M., Widyanto, A., & Ahadi, R. (2022). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA 7 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional, 10(2), 89–95. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/14512%0Ahttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/download/14512/7449

Fadilla, N., Nurlaela, L., Rijanto, T., Ariyanto, S. R., Rahmah, L., & Huda, S. (2021). Effect Of Problem-Based Learning On Critical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012060

Fitrianingsih, R., & Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1), 1–6.

Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016–2113. https://media.neliti.com/media/publications/173402-ID-none.pdf

Kasim, S. M., Sudding, S., & Gani, T. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Asam Basa dalam Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 140. https://doi.org/10.26858/cer.v5i2.32722

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

M, F. M., Herlina, S., Suripah, S., & Dahlia, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Flip Pdf Professional pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 43–60. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5712

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gains In Physics: A Possible “Hidden Variable” In Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12). https://doi.org/10.1119/1.1514215

Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan Model Pbl Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Siswa Smk. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 130–138. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130

Nurillahwaty, E. (2022). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. 1(November), 81–85.

Permata, A. W. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Teks Eksposisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 2 Maospati Magetan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 11(4), 1–7.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Purwaningtyas, Dwiyogo, W. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 121–129. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Selwyn, N. (2018). Neil Selwyn: Education And Technology - Key Issues And Debates. Alkalmazott Nyelvtudomány, 18(2), 1–2.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Sugianto, E. S. (2022). The Role of Collaborative Learning and Project Based Learning to Increase Students’ Cognitive Levels in Science Literacy. Proceedings of the International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 633(Icmr 2021), 67–72. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.011

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
CROSSMARK
Published
2024-07-01
DIMENSIONS
How to Cite
Priantari, I., Maghfiroh, A., & Munandar, K. (2024). -MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. INDIGENOUS BIOLOGI : JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS BIOLOGI, 7(1), 12-21. https://doi.org/10.33323/indigenous.v7i1.416