KONTRIBUSI KINERJA GURU BIOLOGI DAN PERAN BIMBINGAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19

  • agus maramba meha Universitas kristen artha Wacana
Keywords: Kinerja Guru, Bimbingan Orangtua, Motivasi belajar

Abstract

Abstrak

Selama masa pandemic COVID-19, SMA Negeri 3 Fatuleu melaksanakan pembelajaran dengan sistem belajar dari rumah (BDR), dengan sistem belajar ini membutuhkan kinerja guru yang professional dan juga perlu adanya dukungan  dari orangtua untuk mendampingi anak belajar dirumah, sehingga anak tetap termotivasi untuk belajar sekalipun dalam kondisi dan situasi belajar yang baru. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menganalisis kontribusi kinerja guru biologi dan peran bimbingan orangtua dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dimasa pandemi COVID-19. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Fatuleu, Kabupaten Kupang pada semester ganjil tahun ajaran 2021/202, menggunakan desain penelitian korelasi yaitu mencari hubungan sebab akibat antar variabel, dimana terdapat dua variabel bebas yaitu (X1) kinerja guru biologi, (X2) peran bimbingan orang tua, dan variabel terikat (Y) motivasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 40 orang, Data terkait kinerja guru biologi, peran bimbingan orangtua, dan motivasi belajar siswa, diperoleh melalui angket/kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik korelasi pearson product moment dan korelasi ganda, berbantuan program SPSS. Hasil peneliian menunjukkan bahwa kinerja guru di sekolah dan peran bimbingan orangtua di rumah memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi belajar anak selama masa pandemi, artinya bahwa semakin baik dan meningkat kinerja guru serta semakin intens bimbingan orangtua  terhadap anaknya di rumah maka semakin tinggi motivasi anak untuk belajar.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Bimbingan Orangtua, Motivasi belajar

Abstract

During the COVID-19 pandemic, SMA Negeri 3 Fatuleu carried out learning with the learning from home (BDR) system, This learning system requires the performance of professional teachers and also needs support from parents to accompany children to study at home, so that children remain motivated to learn even in new learning conditions and situations. This study aims to examine and analyze the contribution of biology teacher performance and the role of parental guidance to student learning motivation in learning during the COVID-19 pandemic. The research was conducted at SMA Negeri 3 Fatuleu, Kupang Regency in the odd semester of the 2021/202 academic year, using a correlation research design, namely looking for causal relationships between variables, where there are two independent variables, namely (X1) biology teacher performance, (X2) the role of parental guidance, and the dependent variable (Y) student learning motivation. The sample in this study was class XI which amounted to 40 people. Data related to biology teacher performance, the role of parental guidance, and student learning motivation, were obtained through questionnaires. The data obtained were analyzed using Pearson product moment correlation and multiple correlation techniques, assisted by the SPSS program. The results show that the performance of teachers at school and the role of parental guidance at home have a positive and significant relationship with children's learning motivation during the pandemic, meaning that the better and more improved teacher performance and the more intense parental guidance for their children at home, the higher the child's motivation to learn.

Keywords: Teacher performance, parental guidance, learning motivation


Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.
Emda, A. 2016. Strategi Peningkatan Kinerja Guru yang Profesional. Lantanida Jurnal. Vol.No. 4(2). Pp; 1-7
Handoko, Martin dan Theo Riyanto. (2010). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.Yogyakarta: Kanisius.
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256.
Mahardika, R. (2019). Hubungan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMK NU Langensari Kota Banjar. Nahdlatul Fikr, 1(2), 8-13.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.
Roshonah, F. A., Putri, D.A.S., Yulianingsih, I. 2020. Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. E-ISSN: 2714-6286
Sari, D. (2017, December). Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Saputra, E., Suarman, S., & Natuna, D. A. (2019). Kontribusi Etos Kerja Dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Selat Panjang. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 43-53.
Sugiyono.2013.Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.
Widoyoko, S. E. P., & Rinawat, A. (2012). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).
Werdayanti, A. (2008). Pengaruh kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di kelas dan fasilitas guru terhadap motivasi belajar siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1).
Yamin dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press
CROSSMARK
Published
2024-01-31
DIMENSIONS
How to Cite
meha, agus. (2024). KONTRIBUSI KINERJA GURU BIOLOGI DAN PERAN BIMBINGAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19. INDIGENOUS BIOLOGI : JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS BIOLOGI, 6(3), 97-104. https://doi.org/10.33323/indigenous.v6i3.548