PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 AMANUBAN TENGAH
Abstract
Proses pembelajaran di di SMP Negeri 3 Amanuban Tengah sudah melibatkan siswa akan tetapi masih didapati hasil belajar masih dikategorikan masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Proyek terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Amanuban Tengah. Jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan menggunakan desain kontrol group pretest dan posttes. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, yaitu prettest dan posttes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan LKPD berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis proyek, dimana siswa diberikan tugas untuk mendesain sebuah proyek berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang diperoleh siswa, dan dalam proses pembuatan proyek ini siswa secara langsung mendesain proyek sesuai dengan instruksi yang ada pada LKPD tersebut, sehingga dari hasil eksperimen yang dilakukan oleh siswa melalui pembuatuan proyek ini maka dapat dilihat bahwa siswa dengan mudah memahami materi yang diajarkan dan hasil belajar yang diperoleh siswa dapat dikategorikan baik atau mencapai standar KKM. Disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis proyek ini berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Amanuban Tengah.