ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN NOEMUTI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk menemukan kebenaran dan memilah informasi dengan tepat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN Noemuti. Instrumen yang digunakan adalah soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan pedoman wawancara. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 57 orang siswa kelas X dan 2 orang guru mata pelajaran Biologi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X berada pada kategori rendah dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 53,58 dan guru-guru telah berupaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah A.H., Marlina A., Nur L.Z.A (2015). Analysis Of Students Errors In Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problem For Topic Of Fraction. Asian Social Sciencer, 11/21: 133-142.
Alfira A. & Rahmadani F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 3/4: 800-806.
Anggraini G. & Sriyati S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada Konten Biologi. 1/1: 114-124.
Aqib Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Ariadila S.N., Yessi F.N.S., Firda H.F., Ujang J., Sigit S. (2023). Analisis Pentingnya Ketrammpilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9/20: 664-669.
Dores O.J., Dwi C.W., Susi S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat, 2/2: 242-254.
Eliana N, (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA Berorientasi HOTS. Jurnal Pendidikan Dasar, 11/2: 170-180.
Faiziyah N, & Bagas L.P. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Metakognisi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11/4: 2823-2835.
Faridah E, (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. AVATARA: E-Journal Pendidikan Sejarah, 7/3.
Fasha A., Johar R., Ikhsan M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5/2: 53-64
Fatimah S, (2021). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMAIT Tebuireng 4 Al-Ishlah Kuala Gading Tahun Ajaran 2020/2021. [b]. Pekanbaru: Universitas Islam Riau, Program Sarjana.
Gais Z, & Afriansyah E.A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Jurnal Mosharafa, 6/2: 255-266.
Hajar Y, (2018). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking (HOT) Siswa SMP Negeri Kota Cimahi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3/1: 453-458.
Hamidah L, (2018). Higher Order Thinking Skills: Seni Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Husen A., Indriwati S.E., Lestari U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Proses Sains Siswa SMA melalui Implementasi Problem Based Learning Dipadu Think Pair Share. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2/6: 853-860.
Kemendikbud, (2018). Buku Penilaian Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Kemendikbud.
Milenia D., Nalsa C.R., Dwi S.R. (2022). Kemampuan Siswa SMP Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis HOTS Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3/2: 100-108.
Purwati, (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma, 7/1.
Setiawaty B.T., Widha S., Sugiyarto. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Sekolah Menengah Pertama di Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 234-238.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Research and Development). Bandung: Alfabeta
Sulistiani E, & Masrukan, (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Negeri Semarang, 605-612
Syarah M. M., Yosi L.R, Rahmawati D, (2021). Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6/3: 236-243.
Taubah M, (2019). Penilaian HOTS dan Penerapannya di SD/MI. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7/2: 197-214.
Yulianis., Maharani A.D., Susanti S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Siswa Kelas I SMA. Bioconcetta Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. 5/2: 105-112
Yuliati E.D., Wiganti I., Habisukan U.H. (2019). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Laki-Laki dan Perempuan Pada Materi Sistem Peredaran Darah Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA MAN 1 Banyuasin III. Bioilmi. 5/1: 66-71.
Zubaidah S., Corebima A.D., Mistianah. (2015). Assesment Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. [Seminar]. Malang: Universitas Negeri Malang.
Zubaidah S. (2019). Memberdayakan Ketrammpilan Abad ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. [Skripsi]. Malang: Universitas Negeri Malang.