PENGARUH MODEL PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 10 KUPANG TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Margareta Mone Pendidikan biologi
  • Theodora S.N Manu Universitas Kristen Artha Wacana
  • Agus M. Meha Universitas Kristen Artha Wacana
Keywords: Pembelajaran, Model Pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBMP(pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimentaldengandesainPosttest Only Control Design. Populasiseluruhsiswakelas VIII berjumlah 327 siswa dan Sampel kelas VIIIH dan VIIIJ dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan rubrik kemampuan berpikir kritis. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil analisis uji t, dengan bantuan softwere SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai t 15,492 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,5 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model PBMP terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dmemberi penjelasan sederhana memiliki persentase sebesar 41,09% dan memberi penjelasan lebih lanjut memiliki persentase sebesar 38, eksperimen . Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu pada indikator memberi penjelasan sederhana memiliki persentase sebesar 43,43%, membangun keterampilan dasar memiliki persentase sebesar 40,52%, menyimpulkan memiliki 95% dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol karena pada proses pembelajaran pada kelas eksperimen mengunakan model PBMP sedangkan pada kelas kontrol hanya menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat membuktikan bahwa adanya pengaruh model PBMP (Pemberdayaan Berpikir Malalui Pertanyaan) terhadap kemampuan berpikir kritis Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas

Ekoningtyas. M. 2013. Pengaruh Pembelajaran Think-Pair-Share dipadu Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep IPA dan Retensinya serta Sikap Sosial Siswa. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Haerullah, A. 2012. Potensi Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dipadu Think Pair Share (TPS) dalam Upaya Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Sekolah Multietnis. Jurnal Bioedukasi. Vol 1 (1).

Imkari, S. 2012. Pengaruh Model Pembelajran TPS dan PBMP terhadap Kemampuan Berikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Mahasiswa. Universitas Negeri Malang.

Johnson, E. 2007. Contextual Teaching and Learning, terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung: MLC

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Sutikno. 2002. Pemberdayaan Penalaran Siswa SLTPN 2 Malang Melalui Pembelajaran IPA-Biologi. Makalah disajikan dalam seminar sehari Pemberdayaan Penalaran dengan Tema Penyiapan Generasi yang Berkualitas melalui pengembangan penalaran Siswa SLTP di SLTPN 2 Malang

Yunarti,T. 2009. Fungsi dan Pentingnya Pertanyaan dalam Pembelajaran. Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika jurusan pedidikan matematika Universitas Lampung. (Online), (http://eprints. uny.ac.id/7023 /1/output.pdf). Diakses pada tangal 15 Oktober 2019.

Zubaidah, S. 2001. Implementasi Pembelajaran IPA Biologi dengan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) Makalah disampaikan pada Pelatihan dan Lokakarya PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) di Universitas Negeri Malang.31 Agustus-1 September 2001.

Zubaidah, S. 2005. Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan. (Online), (http:// jurnal. edu/penelitian-pendidikan/edition/244/vol-13.-no:-2-oktober-2012).Diakses padatanggal 10 Januari 2019.

CROSSMARK
Published
2021-08-20
DIMENSIONS
How to Cite
Mone, M., Manu, T., & Meha, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 10 KUPANG TAHUN AJARAN 2019/2020. INDIGENOUS BIOLOGI : JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS BIOLOGI, 4(1), 17-25. https://doi.org/10.33323/indigenous.v4i1.68