MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN BOOKLET DAN LKS KAHOOT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII
Abstract
Hasil belajar merupakan suatu proses pembentukan karakater melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengukur hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Umalulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menggunakan media booklet dan Lembar Kerja Siswa (LKS) kahoot. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada tahap prasiklus, 4 siswa mencapai ketuntasan belajar, sementara 23 siswa tidak tuntas. Setelah penerapan model pembelajaran Make A Match pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 18 siswa dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi menjadi 24 siswa. Sementara itu, keaktifan siswa juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus, 6 siswa yang menunjukkan keaktifan belajar. Siklus I ada peningkatan menjadi 17 siswa. Siklus II, seluruh siswa menunjukkan keaktifan dalam pembelajaran. oleh karena itu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan booklet dilengkapi LKS kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Umalulu.
Downloads
References
Alexander, F., & Pono, F. R. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(2), 110–126. https://doi.org/10.37364/jireh.v1i2.21
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Cahayu, S. A., Ratu Sampurna, Nadira, & Risnita. (2023). Instrument Evaluasi Non-Tes Ranah Afektif dan Psikomotorik Pembelajaran IPA Sinkronisasi Berbasis Keterampilan Abad 21 Di SMP Negeri 6 Sungai Penuh. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi,6(2), 1–13. https://doi.org/10.30631/edubio.v6i2.53
Cita Maria, L (2024). Penerapan Model Pembelajaran Make A Macth Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Muhammadiyah Waingapu Kelas XI IPA. (Skripsi). FKIP Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Sumba Timur.
Hasanah, U., Sudirman, A., & Zuliani, E. (2024, August). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Mata Pelajaran IPA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, No. 1, pp. 369- 375).
Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P., Rachman, R. S., & Kurniadi, P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 2742–2747.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22138
Kawutak A. T (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Ekosistem Kelas X-IPA Di SMA Negeri 1 Rindi Umalulu. (Skripsi) FKIP Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Sumba Timur.
Kusuma, A. P., & Khoirunnisa, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.186
Pello, A. C. S. (2018). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kahoot Untuk Topik Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas X Sma Iph 2 Surabaya. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 89–100. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1733.89-100
Pratama, R. A., & Prayogi, G. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pesera Didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(1), 67-78.
Purnomo, C. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 53–57. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.22
Putri Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. B. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 43-50.
Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885
Rizkasari, E. (2022). Analisis Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kahoot! Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jote, 4(1), 591–596.
Sarinami, P., & Zulyusri, Z. (2023). Meta-analisis validitas pengembangan Booklet sebagai suplemen bahan ajar pada pembelajaran biologi SMA/MA. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 76–82. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.5437
Suarningsih, N. M., Santika, I. G. N., Roni, A. R. B., & Kristiana, R. J. (2024). Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Berbagai Perspektif (Definisi, Tujuan, Landasan dan prakteknya). Jocer: Journal of Civic Education Research, 2(2), 61-73.
Suhaida, D., & Rohana, S. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawwah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 49–60. http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i1.6121
Syaripurrohmah, I. A., Mulyawati, Y., & Nugraha, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Booklet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 806-816.
Tyera, L., Megawati, M., & Rusli, M. (2022). Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan,1(1), 112–123. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.18
Wibowo, A., & Mufidah, I. (2022). Media Puzzle Daur Hidup Hewan Untuk Menstimulasi Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 661–669. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1848

.jpg)


