Pengembangan Alat Peraga Dari Bahan Sederhana Pada Materi Sel Hewan Di SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

  • mariana stefani lewar Pendidikan Biologi
  • fransina th nomleni, FtN Universitas kristen artha Wacana
Keywords: Pengembangan Alat Peraga dari bahan sederhana, materi sel hewan

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Kota Kupang yang masih menggunakan buku cetak dan banyak alat peraga rusak serta laboratorim yang di gunakan  sebagai ruang kelas. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan sebanyak 81,2% siswa membutuhkan sebuah alat peraga yang dapat membantu memahami materi yang di ajarkan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan berupa alat peraga sel hewan  di SMP N 4 Kota Kupang yang layak dan praktis agar dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Jenis penelitian Research And Development (R&D). Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan 5 langkah  yaitu: 1) Analisis , 2) Desain, 3) Pengembangan , 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis kuantitatif, dan teknik pengumpulan data berupa angket. Analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan  bahwa hasil validasi ahli materi mendapat skor 96,8% termasuk kategori sangat layak, ahli desain mendapat skor 95% dengan kategori  sangat layak, ahli media mendapat skor 91,6% sangat layak, sedangkan pada uji kelompok kecil adalah 89,7%  dan uji coba kelompok besar adalah 93,15% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian para validator dan uji coba kelompok mendapat respon yang positif dan dapat dikatakan alat peraga sangat layak  digunakan dalam proses pembelajaran dikerena alat peraga dibuat dari bahan yang murah dan dikemas dalam bentuk yang praktis  serta warnanya tidak mencolok dan menarik semangat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa alat peraga dari bahan sederhana ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sel hewan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

mariana stefani lewar, Pendidikan Biologi

JURNAL_FIKSXXX-1.jpgJURNAL_FIKSXXX-2.jpgJURNAL_FIKSXXX-3.jpgJURNAL_FIKSXXX-4.jpgJURNAL_FIKSXXX-5.jpgJURNAL_FIKSXXX-6.jpgJURNAL_FIKSXXX-7.jpgJURNAL_FIKSXXX-8.jpg

References

Abdullah., Oviana, W. & Khatimah, H. 2011. Penggunaan Alat Peraga Dari Bahan Bekas Dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia Di Man Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi 3 (2) : 51-55

Dahniar., Murdiana, I.N., & Sukayasa. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Kelas 1 SD Negeri 6 Tolitoli dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4 (3) : 165 -177.

Haryanto, M.A.K., & Wahyudi. Pengembangan Media Peraga Untuk Pembelajaran Kompetensi Mengidentifikasi Final Drive Penggerak Roda Belakang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 17 (1) : 25-31.

Hutauruk, P. & Simbolon, R. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba. (School Education Journal) 8 (2) :121-129

Ismarifa, R.K., Purnomo, T., & Suparno, G. 2015. Validitas Media Alat Peraga Efek Rumah Kaca Materi Perubahan Lingkungan Untuk Pemahaman Konsep Kelas X. Bioedu : berkala ilmiah pendidikan biologi 4 (2) : 778-782.

Kharitsa, I.S., Widiyatmoko, A., & Parmin. 2016. Pengembangan Alat Peraga Boneka Edukatif Materi Sistem Organisasi Kehidupan Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Gajah. Unnes Science Education Journal 5 (1) : 1175 – 1181

Nugraha, A., & Sundayana, R. 2014. Penggunaan Alat Peraga Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Memahami Konsep Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Pasirwangi. Moshafara : Jurnal Pendidikan Matematika 3 (3) : 133-141.

Nur, M. 2011. Modul Keterampilan Proses Sains. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS).

Saleh, I.H., Nurhayati, B., & Jumadi, O. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Sainsmat 4 (1) : 7-13.

Saputra, O., Harlin & Imam. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Car Audioand Video Mata Kuliah Kelistrikan Dan Elektronika Otomotif Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 2 (1) : 1-14

Setyowati, N., Susilo, B.E & Masrukan. 2016. Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Kreano 7 (1): 24-30

Sumiati dan Asra. 2007.Metode Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima.

Wijaya, C.A., Handhika, J., & Kartikawati, S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pengendali Kecepatan Dan Soft Starting Motor Listrik Berbasis Arduino Pada Mata Kuliah Penggunaan Dan Pengaturan Motor. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) 2(2) : 15-20.

CROSSMARK
Published
2019-08-22
DIMENSIONS
How to Cite
lewar, mariana, & nomleni, fransina. (2019). Pengembangan Alat Peraga Dari Bahan Sederhana Pada Materi Sel Hewan Di SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. INDIGENOUS BIOLOGI : JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS BIOLOGI, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.33323/indigenous.v2i1.9